Selasa, 19 Oktober 2010

Nama : Nurainih
Kelas:2db21
Npm:34109961
Dosen: Rina Noviana
Matkul : Sistem Informasi Manajemen

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi secara rasional yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah di tetapkan
Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasi komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal,perusahaan atau sub unit di bawahnya.


Ruang lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentukan yaitu, "sistem", "informasi", "manajemen".
Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lai yang membentuk satu ksatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang di maksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal, seperti persediaan barang mentah, keuangan,personalia, serta pihak eksternal seperti suplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha.
Informasi adalah hasil pemrosesan data yang di peroleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah di pahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang di butuhkan oleh orang untuk menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yan ada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang di lakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan, mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir,dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

FUNGSI SISTEM INFORMASI ANTARA LAIN :
  • Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan.
  • Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.
  • Memanajemen data-data yang ada ke dalam kelompok-kelompok yang sudah di tetapkan oleh perusahaan.
  • Mengendalikan kontrol data yang cukup sehigga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
  • Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan, dan mengontrol aktivitas.

KONSEP DASAR INFORMASI

Terdiri sebagai berikut :

  • Data yang di olah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
  • Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian.

Suatu informasi dapat dikatakan bernilai apabila manfaatnya lebih efektif apabila di bandingkan dengan biaya mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat tepat di taksir keuntungannya dengan satuan nilai uang, etapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya.

TUJUAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan nilai yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Secara Umum, Sistem informasi Manajemen dapat di artikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu keejadian-kejadian yang nyata yang di gunakan untuk pengambilan keputusan. Data yang di olah melalui suatu model menjadi informasi, penerima kemudian menerima informasi tersebut ,membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain akan membuat sejumlah data kembali. Data tersebut akan di tangkap sebagai input,di proses kembali oleh suatu model dan seterusnya membentuk suatu siklus.

"Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang".

BEBERAPA KEGUNAAN SISTEM INFORMASI ANTARA LAIN

  • Meningkatkan aksesbilitas data yang tesaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
  • Menjamin tersedianya kualitas dan ketrampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  • Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilanpendukung sistem informasi.
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  • Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  • Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi , mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
  • Bank menggunakan sistem informasi ini untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.

Sumber:

www.gdangmateri.com

http://mas-devid.blogspot.com

http://fardiansyah7fold.wordpress.com

http://queenzha-globaltechnology.blogspot.com/2009/09/pengenalan-pada-manajemen-informasi

http://www.yoyoke.web.ugm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar